SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Jumat, 23 Januari 2015

Karya 35 (Surat untuk Presma) Juara 1

Yogyakarta, 1 Oktober 2014

Yth.
Presiden Mahasiswa / Ketua BEM KM 2014
Universitas Gadjah Mada
di Tempat

Dengan Hormat,
            Teriring salam dan rasa hormat saya kepada Saudara dan semoga Saudara  senantiasa dalam lindungan dan hidayah Tuhan YME.
            Melalui surat ini, saya sebagai salah satu mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan saya kebetulan juga merupakan anggota kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada atau BEM KM UGM yang aktif pada dua setengah tahun atau dua periode kabinet terakhir, ingin menyampaikan beberapa saran baik dari saya pribadi maupun aspirasi-aspirasi yang saya terima dari beberapa teman di kalangan civitas akademika UGM. Sebelumnya saya ingin mengapresiasi kesanggupan Saudara terlebih dahulu setelah menjalankan masa kepemimpinan sebagai Presiden Mahasiswa atau Ketua BEM KM UGM hingga setengah tahun ini. Saya tahu betapa banyak usaha yang telah Saudara lakukan dan kendala yang menghadang selama ini, ketika Saudara memimpin. Sangat sulit untuk menjadi seorang pemimpin yang berpredikat sebagai presiden dalam memimpin seluruh mahasiswa di universitas terbesar dan nomor satu di Indonesia seperti UGM. Sebab saya mengetahui bahwa amanah sebagai Presiden Mahasiswamerupakan amanah yang meskipun berlatarbelakang politis akan tetapi kerja keras Saudara harus selalu menunjukan hasil nyata untuk seluruh mahasiswa tanpa pandang buluh.
            Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang sebaiknya Saudara lakukan pada bulan-bulan terakhir masa kepemimpinan kabinet Saudara tahun ini. Agaknya hal-hal tersebut penting untuk Saudara perhatikan dan lakukan agar tampuk kepemimpinan BEM KM UGM setiap periode kabinetnya tetap menjalankan konsistensi sikap dan kebermanfaatan bagi seluruh mahasiswaUGM.Pada saat-saat terakhir periode kabinet Saudara sebaiknya melakukan transisi kepengurusan dengan cara membuat target-target yang dapat dicapai di akhir tahun sedangkan target yang tidak dapat tercapai pada periode kabinet Saudara, dapat menjadi draft target untuk kabinet selanjutnya. Sebab yang saya lihat antar periode kabinetnya, BEM KM UGM yang meskipun melanjutkan program kerja dari periode satu ke periode berikutnya, akan tetapi program kerja tersebut berubah dengan konsep-konsep yang berbeda sehingga tujuan dan pencapaian BEM KM UGM dari tahun ke tahun menjadi berbeda pula. Pencapaian yang berbeda itu tak terlepas dari kondisi politik pada kabinet BEM KM UGM yang berubah dari tahun ke tahun. Dimana kandidat yang memenangkan Pemilihan Raya mahasiswa UGM seakan seperti halnya politisi di Indonesia yang akan menempatkan orang-orang kepercayaan yang berasal dari partai yang mendukung kandidat tersebut di pemilihan, serta menjauhkan orang-orang yang berasal dari partai rival ketika pemilihan walaupun mereka memiliki kemampuan. Seharusnya budaya politik yang seperti itu dihilangkan karena demokrasi di kalangan mahasiswa sebaiknya memberikan contoh dengan budaya kepemimpinan dan politik yang mengayomi semua.
            Selain itu yang saya lihat adalah kurangnya peran BEM KM UGM khususnya Presiden Mahasiswa sebagai organisasi dan pemimpin sentral yang memimpin seluruh keluarga mahasiswa UGM dalam menyatukan tali silaturahmi seluruh organisasi mahasiswa di UGM. Persatuan tersebut telah terlihat pada Forum Komunikasi atau Forkom UKM yang mewadahi aspirasi seluruh UKM di UGM dan bersama BEM KM UGM selalu menjalankan koordinasi. Komunikasi yang terjalin juga sudah cukup baik antar ketua BEM, LEM, LM atau Dewan Mahasiswa di setiap fakultas dengan Presiden Mahasiswa. Koordinasi tersebut akan sangat berguna pada beberapa event besar seperti ketika acara Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM yang diadakan di universitas dan masing-masing fakultas setiap tahun disertai dengan pengisi acara yaitu seluruh UKM yang ada. Tak hanya koordinasi dengan UKM dan ketua organisasi setiap fakultas, saya juga mengharapkan bahwa ada komunikasi yang dilakukan Presiden Mahasiswa dan BEM KM UGM sebagai organisasi sentral dalam menjalin silaturahmi dengan seluruh himpunan mahasiswa atau keluarga mahasiswa baik di tingkat jurusan atau program studi di seluruh fakultas. Memang komunikasi seperti ini terbilang sulit karena UGM terdiri dari ratusan jurusan dan prodi, namun bukan tidak mungkin apabila Presiden Mahasiswa melakukan komunikasi di awal, tengah dan akhir tahun masa kepemimpinannnya dengan mengundang seluruh ketua himpunan mahasiswa atau keluarga mahasiswa. Sebagai organisasi sentral sebaiknya BEM KM UGM ketika membuat acara besar juga melibatkan perwakilan UKM, organisasi fakultas dan bahkan himpunan jurusan yang berhubungan dengan acara tersebut untuk bekerja sama. Contohnya bila diadakan sebuah seminar tentang bencana alam sebaiknya melibatkan beberapa himpunan yang berada di jurusan dan prodi kebumian serta UKM pecinta alam yang ada di UGM. Dengan begitu peran BEM KM UGM akan semakin terlihat dengan program kerja yang jelas mempersatukan kebersamaan seluruh keluarga mahasiswa UGM dari berbagai organisasi.
            Dan yang terpenting adalah perlunya banyak publikasi BEM KM UGM terutama Presiden Mahasiswa tentang perannya sebagai penyambung lidah antara mahasiswa dengan pihak pimpinan universitas atau rektorat. Sebab yang saya ketahui sekarang bahwa masih banyak mahasiswa yang belum memahami tugas, perandan fungsi Presiden Mahasiswa, BEM KM UGM dan Senat KM UGM sebagai organisasi internal kampus, yang notabene merupakan organisasi penyampai aspirasi mahasiswa kepada rektorat.

Demikian surat yang saya sampaikan semoga beberapa saran tersebut dapat membantu transisi kepemimpinan Saudara sehingga Saudara dapat menyelesaikan masa kepemimpinan dengan baik dan dilanjutkan dengan kepemimpinan berikutnya yang lebih baik. Terimakasih.

Hormat Saya,




            Faiz Deja Ramadhan
12/331197/PA/14494

Prodi Geofisika Jurusan Fisika FMIPA UGM

Surat ini menjadi juara 1 pada lomba menulis surat untuk Presiden Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Senat KM UGM tahun 2014 dan surat tersebut akan dibacakan pada KOngres KM UGM tahun 2015.
Penyerahan Hadiah Oleh Ketua Senat KM UGM 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar